Pengenalan Hisab dan Rukyah Hilal

Pada Bulan Ramadhan 1443 H ini, santri mahad AL Ulya mendapatkan banyak tambahan bekal ilmu agama. Tambahan ini didapatkan melalui kegiatan pondok Ramadhan yang diselenggarakan MAN kota Batu dan kegiatan kajian kitab Mahad Al Ulya yang dilaksanakan sore hari. Pondok Ramadhan dilaksanakan selama 3 hari dengan kegiatan antara lain sholat Dhuha, Tadarus, kajian kitab di masing masing kelas serta Tausiyah umum. Kajian Kitab sore hari dilaksanakan mulai pukul 16:30 hingga adzan magrib dan dilaksanakan di Masjid Ihya Ulumuddin MAN Kota Batu

Sebagai pelengkap pengetahuan terkait bulan Ramadhan, maka sebagai penutup kajian kitab sore hari, maka sebelum perpulangan, Santri mahad Al Ulya dibekali dengan kegiatan pengenalan metode Hisab dan Rukyah. Pengetahuan ilmu Hisab dan Rukyah sangatlah penting, bukan hanya terkait penentuan awal Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, namun dikarenakan sebagian dari ibadah umat islam terikat dari waktu. Contoh dari ibadah yang terikat waktu antara lain Sholat , Puasa Ramadhan, Ibadah Haji, Zakat Fitrah dll.

Dalam rangka kegiatan ini, Mahad Al Ulya bekerja sama dengan PC LFNU kota Batu yang memang memiliki kompetensi dan pengalaman yang luas dalam hal Hisab dan Rukyah. Santri terlihat sangat antusias karena materi Hisab dan Rukyah memang jarang diulas dan dibahas kajian kajian umum. Bahkan menurut pemateri, Ilmu hisab dan Rukyah memang ilmu yang terbilang langka. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 16.00 hingga adzan Magrib berkumandang. Di akhir kegiatan Panitia dan Tim PC LFNU juga membahas tindak lanjut dari kegiatan ini. Tidak lanjut dapat diselenggarakan dalam bentuk pendalam materi dan praktik langsung dalam kegiatan Rukyatul Hilal di beberapa lokasi di jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.