Masa Orientasi santri Mahad Al Ulya Tahun Ajaran 2023/2024

MOSMA atau Masa Orientasi Mahad Al Ulya merupakan serangkaian acara yang diselenggarakan oleh Mahad Al Ulya dengan tujuan untuk  memperkenalkan para santri terhadap lingkungan Mahad dan sekitarnya. Kegiatan ini diharapkan akan memudahkan para santri dalam beradaptasi. MOSMA berlangsung selama 4 hari yang dimulai pada Rabu, 12 Juli 2023 sekaligus penerimaan para santri baru di Aula MAN Kota Batu dan ditutup tepat kemarin pagi pada Sabtu, 15 Juli 2023.

Isi dari kegiatan tersebut tersebut antara lain penyampaian materi Penguatan Karakter Santri 1, 2 dan 3. Penguatan karakter santri 1 disampaikan oleh Kepala Mahad Al Ulya yakni Ust. Munawirul Qulub, beliau menyampaikan bahwa gelar santri berbeda dari gelar yang lain. Bila gelar kesarjanaan di peroleh melalui studi bertahun tahun, maka gelar santri telah diterima ketika seseorang mulai masuk kepondok. Apabila ciri khas Sarjana dapat dilihat dari bahasa dan pemikiran intelektualnya, maka karakter santri jutru lebih terlihat dari Akhlaq dan Adabnya. Gelar tersebut bersifat melekat sepanjang hayat.

Materi ke 2 disampaikan oleh Ust. Miftah Al Farouqy, Beliau menyatakan terkait cobaan dan hambatan yang akan dihadapi oleh seorang santri. Seorang santri meskipun kecil orangnya tapi harus besar jiwanya, seorang santri meskipun sederhana harus kaya ilmunya dan seorang santri  walaupun biasa penampilannya namun harus indah Akhlaknya.

Sedangkan materi ke 3 disampaikan oleh Ust.Khusaini yang menekankan pada penguatan niat santri dan bakti pada orang tua. Selain pemberian materi, juga dilaksanakan acara lain seperti jalan sehat dan Fun Games pada Jumat 14 Juli 2023 untuk membentuk kekompakan, dan menumbuhkan jiwa sosial para santri. Malam terakhir sebelum penutupan, para pengurus OSMA membacakan program kerja dan tata tertib dari setiap divisi untuk memberikan informasi terhadap santri baru mengenai program kerja yang telah berjalan

Acara terlaksana dengan lancar sampai hari  penutupan. Segenap apresiasi diberikan kepada santri yang memenangkan perlombaan serta santri yang memiliki catatan terbaik saat meresume materi yang telah disampaikan oleh ketiga pemateri. Ucapan terima kasih ditujukan kepada semua panitia yang telah menyukseskan acara MOSMA tahun ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar. [OSMA PUTRI]

Leave a Reply

Your email address will not be published.